Museum Affandi Yogyakarta

Affandi adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai maestro seni lukis Indonesia. Sekarang anda dapat menikkmati karya-karya beliau di museum affandi. Terdapat 1000 lukisan yang ada di tempat tersebut, 300 lukisan karya Affandi dan sisanya pelukis lain.

Bersamaan dengan karya-karyanya, beliau dianugerahi berbagai penghargaan di Asia dan Eropa. Di antaranya  Hadiah Nobel PerdamaianThe Dag Hammarskjoeld dari Italia pada tahun 1977, Maha Bintang Jasadari Pemerintah Indonesia pada tahun 1978, dan gelar Doctor Honoris Causadari National University of Singapore pada tahun 1977.

Museum ini mengingatkan kita akan kegigihan beliau dalam mengembangkan dan memajukan seni lukis di Indonesia. Dibangun secara estetis sebagai etalase untuk lukisan-lukisan Affandi, museum ini terselip di antara rerimbunan pohon kamboja, beratap menyerupai daun pisang, peregangan pada sisi barat sungai Gajah Wong, dan berhadapan dengan kampus Universitas Islam (UIN) Sunan Kalijaga. Empat galeri museum ini pun tak kalah unik, berbentuk melengkung seperti daun pisang, dengan berbahan kayu dan didominasi warna hijau dan kuning memperkuat kesan bangunan museum seni ini.

Jika ingin berkunjung ke Jogja. Silahkan kunjungi paket wisata jogja, memudahkan perjalanan anda.

Meski berawal dari museum pribadi, namun dalam perkembangannya pada tahun 1988 museum ini dibuka untuk umum sebagai warisan budaya. Selain itu, sebagai bentuk perhatian terhadap pendidikan dan pariwisata, sejak tahun 1985, museum ini terdaftar dalam organisasi Barahmus (Dewan Nasional Museum) Daerah Istimewa Yogyakarta, dan pada tahun 1997 museum ini terdaftar sebagai anggota BMMI (Dewan Nasional dari Museum Indonesia).

Jika anda pecinta lukisan dan lagi berkunjung ke Jogja, sempatkanlah waktu untuk mengunjungi museum ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *